BIOGRAFI TOKOH PENEMU DAN PENGEMBANG BAHASA PEMROGRAMAN PYTHON
Oleh : Dias Putri Amdani

1.      Edsgar Dijkstra (Pengembang bahasa pemrograman ALGOL)
Edsger Wybe Dijkstra (lahir di RotterdamHolland SelatanBelanda11 Mei 1930 – meninggal di Nuenen, Gerwen en NederwettenBrabant UtaraBelanda6 Agustus 2002 pada umur 72 tahun) adalah seorang ilmuwan komputer asal Belanda.
Dijkstra awalnya belajar fisika teori di Universitas Leiden. Kemudian pada awal 1970-an ia bekerja sebagai anggota peneliti di Burroughs Corporation. Ia juga bekerja di Universitas Teknologi Eindhoven di Belanda dan akhirnya ia menjabat sebagai ketua Schlumberger Centennial dalam bidang Ilmu Komputer di Universitas Texas di AustinAmerika Serikat. Ia pensiun pada tahun 2000.
Satu dari sekian banyak sumbangannya di dalam ilmu komputer, adalah algoritme jalan terpendek (shortest path-algorithm), atau dikenal juga sebagai Algoritme Dijkstra. Ia menerima Turing Award pada tahun 1972.
2.      Ken Thompson( Penemu bahasa pemrograman B (cikal bakal UNIX))
Kenneth Thompson (lahir di New OrleansLouisianaAmerika Serikat4 Februari 1943, umur 74 tahun) adalah seorang ilmuwan komputer yang dikenal lewat karyanya dalam pengembangan sistem operasi Unix.
Thompson lahir di New OrleansLouisianaAS. Ia menyelesaikan pendidikan sarjana dan master di bidang teknik elektro, di University of California, Berkeley.
Pada tahun 1969, saat bekerja di Bell Labs, Thompson dan Dennis Ritchie menjadi pembuat utama sistem operasi Unix. Thompson juga mengembangkan bahasa pemrograman B, yang menjadi awal dari pengembangan bahasa pemrograman Coleh Dennis Ritchie, yang kini menjadi bahasa yang paling sering digunakan di dunia. Thompson juga pernah mengembangkan bahasa pemrograman Bon, yang dibuatnya saat menulis sistem operasi Multics.
Pada akhir 1960-an, Thompson mengembangkan sebuah editor teks QED versi untuk CTSS, yang di dalamnya berisi fasilitas pencarian teks dengan menggunakan ekspresi regular. Software ini, dan juga editor buatan Thompson berikutnya ed (kini menjadi editor standar pada Unix) menjadi faktor utama yang membuat ekspresi regular menjadi terkenal. Ekspresi regular kini sangat sering digunakan pada program pengolahan teks pada Unix (seperti misalnya, program grep). Hampir semua program yang menggunakan ekspresi regular saat ini menggunakan notasi yang serupa dengan yang dikembangkan oleh Thompson.
Thompson bersama Rob Pike kemudian pengembangkan sistem operasi Plan 9, yang pada saat bersamaan ia juga mengembangkan sistem pengkodean karakter UTF-8 yang digunakan pada sistem operasi tersebut.

3.      Dennis Ritchie (Penemu/Pencipta bahasa pemrograman C++)
Dennis MacAlistair Ritchie (lahir 9 September 1941 – meninggal 12 Oktober 2011 pada umur 70 tahun) adalah seorang ilmuwan komputer yang dikenal y atas sumbangsihnya membuat bahasa pemrograman C dan berbagai sistem operasi seperti Multicsdan Unix. Ritchie menerima penghargaan Turing Award pada tahun 1983 dan National Medal of Technology 1998 pada 21 April 1999. Ia menjabat sebagai kepala Departemen Riset Perangkat lunak Sistem di Lucent Technologies saat pensiun pada tahun 2007.
Ritchie lahir di BronxvilleNew York. Pendidikan sarjana diraihnya dari Harvard di bidang fisika dan matematika terapan. Pada tahun 1967, Ritchie mulai bekerja di Bell Labs' Computing Sciences Research Center , kemudian di Lucent Technologies hingga ia pensiun pada tahun 2007. Pada tahun 1968, Ritchie mendapatkan gelar doktor Ph.D. dari Harvard.[4] Ritchie (bersama Ken Thompson) menerima penghargaan Turing Award pada tahun 1983 dan National Medal of Technology 1998 pada 21 April 1999. Pada tahun 1988, Ritchie terpilih menjadi anggota National Academy of Engineering atas jasanya dalam "development of the 'C' programming language and for co-development of the UNIX operating system."[5]
Ritchie dikenal sebagai pembuat bahasa pemrograman C, pengembang utama sistem operasi, dan sebagai salah satu dari penulis (bersama Brian Kernighan) buku "kamus bahasa C," The C Programming Language.
Penemuan bahasa C dan pengembangan Unix menjadikan Ricthie dan Ken Thompson sebagai pionir utama dunia komputasi modern. Bahasa C hingga kini masih digunakan secara luas dalam program aplikasi, sistem operasi, pengembangan sistem benam, dan pengaruhnya dalam bahasa pemrograman modern lain. Sedangkan Unix juga telah memberikan pengaruh besar, membangun konsep dan prinsip dalam dunia komputasi masa kini.
Penghargaan :
-          Turing Award : Pada tahun 1983, Ritchie bersama Ken Thompson menerima penghargaan Turing Award atas jasa mereka dalam pengembangan teori sistem operasi dan khususnya atas implementasi sistem operasi Unix. Pada kesempatan tersebut, Ritchie memberikan kuliah yang berjudul "Reflections on Software Research".
-          IEEE Richard W. Hamming Medal : Pada tahun 1990, Ritchi dan Ken Thompson menerima IEEE Richard W. Hamming Medal dari Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE), "sebagai penggagas sistem operasi UNIX dan bahasa pemrograman C".
-          National Medal of Technology : Pada 21 April 1992, Ritchie dan Ken Thompson menerima National Medal of Technology 1998 dari Presiden Bill Clinton atas jasa mereka dalam menemukan sistem operasi UNIX dan bahasa pemrograman C yang telah menyebabkan pengaruh besar bagi perangkat keras komputer, perangkat lunak, dan sistem jaringan serta merangsang pertumbuhan industri sehingga membawa Amerika memimpin di Era Informasi.
-          Japan Prize : Pada tahun 2011, Dennis Ritchie bersama Ken Thompson menerima penghargaan Japan Prize for Information and Communications atas jasa mereka sebagai pionir dalam pengembangan sistem operasi UNIX.
Dennis Ritchie ditemukan meninggal dunia pada 12 Oktober 2011 dalam usia 70 tahun, di rumah yang ditinggalinya sendiri, di Berkeley HeightsNew Jersey. Berita kematiannya diketahui pertama kali dari seorang mantan koleganya, Rob Pike. Penyebab dan waktu kematian belum diketahui secara pasti. Ritchie diketahui berada dalam kondisi kesehatan yang lemah sejak beberapa tahun lalu setelah menjalani pengobatan kanker prostat dan penyakit jantung. Kematiannya hanya berselang satu minggu setelah kematian Steve Jobs, namun tidak terlalu banyak menjadi topik pemberitaan media massa. Seorang ahli sejarah komputer, Paul Ceruzzi mengatakan pengaruh keduanya dalam perkembangan dunia teknologi komputer adalah sebanding.

4.      Grace Murray (Penemu/Pencipta COBOL)
Grace Murray Hopper (lahir 9 Desember 1906 – meninggal 1 Januari 1992 pada umur 85 tahun) adalah seorang ilmuwankomputer dan Laksamana Angkatan Laut Amerika Serikat. Menjadi pelopor di bidangnya, ia adalah salah satu pemrogram komputer Harvard Mark I, dan mengembangkan kompilator pertama untuk bahasa pemrograman komputer. Ia menyusun konsep bahasa pemrograman independen dari mesin yang berujung pada pengembangan COBOL, salah satu bahasa pemrograman modern pertama. Hopper juga dianggap sebagai tokoh yang memopulerkan istilah "debugging" untuk memperbaiki gangguan pada komputer (terinspirasi dari ngengat yang ditemuinya pada komputernya). Karena banyaknya prestasi dan pangkatnya di angkatan laut, ia dijuluki dengan "Amazing Grace". Kapal penghancur Angkatan Laut Amerika Serikat, USS Hopper (DDG-70), dinamai berdasarkan namanya, begitu juga dengan superkomputer "Hopper" Cray XE6 di NERSC dan ruang belajar Universitas Teknologi Chalmers.
Hopper terlahir dengan nama Grace Brewster Murray di New York City. Ia adalah anak tertua dari tiga bersaudara. Hopper kecil adalah seorang anak yang selalu ingin tahu; saat berusia tujuh tahun, ia memutuskan untuk mengetahui bagaimana sebuah jam alarm bekerja, dan membongkar tujuh buah jam alarm sebelum ibunya memarahinya. Pada usia 16 tahun, ia ditolak masuk Vassar College karena nilai pelajaran bahasa Latinnya terlalu rendah. Ia akhirnya lulus dari Vassar pada tahun 1928 dengan gelar sarjana dalam bidang matematika dan fisika, dan meraih gelar master dari Universitas Yale pada tahun 1930. 
Penghargaan :
·         1969: Hopper dianugerahi penghargaan "computer sciences man of the year" oleh Data Processing Management Association.
·         1971: Penghargaan tahunan Grace Murray Hopper Award for Outstanding Young Computer Professionals didirikan pada 1971 oleh Association for Computing Machinery.
·         1973: Hopper menjadi orang Amerika Serikat pertama dan wanita pertama di dunia yang dianugerahi Distinguished Fellow of the British Computer Society.
·         1982: Ia menerima American Association of University Women Achievement Award.
·         1986: Menerima Defense Distinguished Service Medal.
·         1987: Menjadi penerima Computer History Museum Fellow Award.
·         1988: Menerima Golden Gavel Award di konvensi Toastmasters International di Washington, DC.
·         1991: Menerima National Medal of Technology.
·         1996: USS Hopper (DDG-70) diluncurkan. Dijuluki dengan Amazing Grace, ini adalah satu-satunya kapal militer AS yang dinamai berdasarkan nama wanita.
·         2001: Eavan Boland menulis sebuah puisi yang didedikasikan untuk Grace Hopper berjudul "Code".
·         2009: National Energy Research Scientific Computing Center menamai kapalnya "Hopper".
·         2013: Tampil di fitur Google Doodle pada halaman utama mesin pencari Google.

5.      Bjarne stroustrup (Pengembang C++)
6.      Alan Cooper (Pelopor GUI dan father of Visual Basic)

7.      Alan Curtis Kay (Penge,bang Object Oriented Programming)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kelebihan aplikasi phyton

pengenalan tipe data pada python

Manfaat phyton