Contoh Program Python Stopwatch Sederhana
                                      Penulis                 : Raditya Dava

Contoh Program Python Stopwatch Sederhana - Seperti yang kita tahu, stopwatch adalah alat yang biasa digunakan untuk mengukur kecepatan suatu benda secara akurat. Stopwatch biasanya berbentuk lingkaran dengan 2 jarum, satu menunjuk menit dan satu lagi berputar cepat menunjukan detik. Ada pula stopwatch yang menggunakan angka digital sebagai displaynya.

Lantas pernahkah kamu tahu software Stopwatch ? Pasti iya, handphone kita terdapat fitur itu, lalu pernahkah terpikir oleh kita bagaimana jika membuatnya program stopwtch sendiri ?

Oleh karena itu, pada postingan kali ini, saya akan mencoba mengajarkan cara membuat program sederhana menggunakan python yaitu simple stopwatch.

Pada postingan tutorial membuat "Program Python Stopwatch Sederhana" ini, saya menggunakan Python versi 3.5.3 for Windows, IDEnya menggunakan Pycharm community edition 2016 3.2.

Jadi sebelum kita mulai caranya, kita harus mengerti bagaimana jam bekerja. Kita tahu bahwa setiap menit, detik dan jam berakhir di 59 maksudnya setelah meyentuh angka 60, angka 60 ini tidak akan di printout, tapi langsung kembali menjadi 00 tapi bagian depannya bertambah 1 angka.

Setelah paham bagaimana cara jam bekerja, kita buat alur algoritmanya. Algoritma atau susunan cara bekerja / tatanan proses hingga hasil akhir adalah hal yang penting dalam setiap pemrograman menggunakan bahasa apa saja.

Tatanan kerja yang saya gunakan adalah, pertama kita buat 2 digit untuk masing-masing komponen waktu. saya namakan seperti ini agar mudah diingat, set semua valuenya jadi 0 karena waktu pastilah dimulai dari 0

depanJam = 0
jam = 0
depanMenit = 0
menit = 0
depanDetik = 0
detik = 0


Nah kira-kira gitu strukturnya dan untuk masuk ke bagian selanjutnya kita perlu menggunakan module bernama time, silahkan import dan letakkan di line [1]

import time 

Selanjutnya biar jalan jamnya kita perlu while loop. Kita set loopnya agar selalu True dan set argumentnya agar setiap detiknya, variabel detik kita nambah dan setiap detiknya menyentuh angka 9 maka depanDetik bertambah 1, dan apabila depanDetik menyentuh angka 9 maka menit akan bertambah 1, begitu seterusnya sampai ke jam.


while True :
 time.sleep(1)
 detik += 1
 if detik == 9:
  detik = 0      
  depanDetik += 1  
 if depanDetik == 6:
          menit +=1      
  depanDetik = 0      
  detik = 0  
 if menit == 9:
          menit = 0      
  depanMenit += 1  
 if depanMenit == 6:
          jam +=1      
  depanMenit = 0      
  menit = 0  
 if jam == 9:
         depanJam += 1      
  jam = 0  
 print("{0}{1}:{2}{3}:{4}{5}".format(depanJam,jam,depanMenit,menit,depanDetik,detik), end="\r")

Perlu diketahui untuk yang bingung dengan beberapa komponen codenya,
time.sleep() itu gunanya untuk mengatur berapa detik delay antar code yang akan di execute. Di tutor ini saya gunakan arg 1 karena saya ingin setiap 1 detik, maka var detik akan brtambah 1 sesuai ketentuan jam pada umumya.

selanjutnya atribut end="\r" pada akhir print. maksudnya adalah kita ingin stopwatch ini bertahan di satu line, tidak mencetak line baru yang justru akan terlihat seperti countdown, maka dari itu ditambahkanlah atribut ini.

Catatan buat sobat yang juga mencoba di versi IDE yang sama jangan di run langsung di Pycharmnya, code ini tak akan berfungsi semestinya, silahkan bua codenya lalu save, cari file agan di explore dan klik kanan filenya, select open with, kemudian pilih python.

Cara run with python
Select Python
Sobat juga bisa menambahkan pelengkap seperti "klik [ENTER] untuk start !" atau "Masukkan maximal time" sebelum codenya dijalankan, silahkan berkreasi sendiri. Untuk versi kompleknya mungin akan perlu lebih banyak waktu dan baris code, jadi ini tutoril sebagai basic mindnya saja.

Sekian artikel saya, semoga membantu dan bermanfaat, sampai jumpa di next artikel.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

kelebihan aplikasi phyton

pengenalan tipe data pada python

Manfaat phyton