Fitur Fitur Python
Hannan Hunafa


            Pada saat ini, bahasa pemrograman sangat berkembang. Mulai dari Java, C, C++, C#, Python, JavaScript, PHP, Visual Basic .NET, dan lain lain. Python adalah bahasa pemrograman interpretatif multiguna dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode. Python diklaim sebagai bahasa yang menggabungkan kapabilitas, kemampuan, dengan sintaksis kode yang sangat jelas,dan dilengkapi dengan fungsionalitas pustaka standar yang besar serta komprehensif. Pada Oktober 2017 Python menempati urutan ke-5 setelah Java,C,C++,C#, dalam bahasa pemrograman terpopuler menurut TIOBE Index.
            Python memiliki berbagai fitur fitur yang berbeda dari bahasa pemrograman lain. Antara lain adalah memiliki kepustakaan yang luas, dalam distribusi Python telah disediakan modul-modul “siap pakai” untuk berbagai keperluan; memiliki bahasa yang mudah dipelajari; memiliki aturan layout kode sumber yang memudahkan pengecekan, pembacaan kembali dan penulisan ulang kode sumber; berorientasi objek; memiliki sistem pengelolaan memori otomatis; modular, mudah dikembangkan dengan menciptakan modul-modul baru; modul-modul tersebut dapat dibangun dengan bahasa Python maupun C/C++; memiliki banyak faslitas pendukung sehingga mudah dalam pengoprasiannya.

            Pada tahun 2017 ini python mengeluarkan versi terbaru yaitu python 3.6. Versi ini memiliki fitur fitur baru, seperti Format Strings Literals atau f-strings; Garis bawah pada numeric literals; syntax untuk variable anotations; Generator Asynchronous; Asynchronous comprehensions.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kelebihan aplikasi phyton

pengenalan tipe data pada python

Manfaat phyton