Pertumbuhan yang Luar Biasa dengan Python

Penulis : La Ode Hasrul
               Kami baru-baru ini menjelajahi bagaimana negara-negara kaya (yang didefinisikan sebagai pendapatan tinggi oleh Bank Dunia) cenderung mengunjungi rangkaian teknologi yang berbeda dari negara-negara lain di dunia. Di antara perbedaan terbesar yang kita lihat adalah bahasa pemrograman Python. Ketika kita fokus pada negara-negara berpenghasilan tinggi, pertumbuhan Python bahkan lebih besar daripada yang mungkin muncul dari alat seperti Stack Overflow Trends, atau peringkat lain yang mempertimbangkan pengembangan perangkat lunak global.
 
Dalam posting ini, kita akan mengeksplorasi pertumbuhan bahasa pemrograman Python yang luar biasa dalam lima tahun terakhir, seperti yang terlihat oleh lalu lintas Stack Overflow di negara-negara berpenghasilan tinggi. Istilah "pertumbuhan tercepat" bisa sulit didefinisikan secara tepat, namun kami membuat kasus bahwa Python memiliki klaim kuat untuk menjadi bahasa pemrograman utama yang tumbuh paling cepat.

Semua angka yang dibahas dalam posting ini adalah untuk negara-negara berpenghasilan tinggi; mereka umumnya mewakili tren di Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Kanada, dan negara-negara lain, yang dalam kombinasinya mencapai sekitar 64% lalu lintas Stack Overflow. Banyak negara lain seperti India, Brasil, Rusia, dan China juga memberikan kontribusi besar terhadap ekosistem pengembangan perangkat lunak global, dan pos ini kurang deskriptif terhadap ekonomi tersebut, meskipun kita akan melihat bahwa Python telah menunjukkan pertumbuhan di sana juga.
 
Perlu ditekankan di depan bahwa jumlah pengguna bahasa bukanlah ukuran kualitas bahasa: kami mendeskripsikan penggunaan bahasa yang digunakan oleh pengembang, namun tidak memberikan resep apapun. (Pengungkapan penuh: Saya dulu memprogram terutama dengan Python, walaupun sejak saat itu saya beralih sepenuhnya ke R).

Pertumbuhan Python di negara-negara berpenghasilan tinggi
 
Anda dapat melihat pada Stack Overflow Trends bahwa Python telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Tapi untuk posting ini kita akan fokus pada negara-negara berpenghasilan tinggi, dan mempertimbangkan kunjungan ke pertanyaan daripada pertanyaan yang diajukan (ini cenderung memberikan hasil yang serupa, namun memiliki sedikit kebisingan dari bulan ke bulan, terutama untuk tag yang lebih kecil).
 
Kami memiliki data tentang pandangan pertanyaan Stack Overflow yang akan kembali ke akhir 2011, dan pada periode ini, kami dapat mempertimbangkan pertumbuhan Python dibandingkan dengan lima bahasa pemrograman utama lainnya. (Perhatikan bahwa ini adalah skala waktu yang lebih singkat daripada alat Tren, yang akan kembali ke tahun 2008). Saat ini enam dari sepuluh tag Stack Overflow yang paling banyak dikunjungi di negara-negara berpenghasilan tinggi; Keempat yang tidak kami sertakan adalah CSS, HTML, Android, dan JQuery.

growth_major_languages-1-1024x878
Juni 2017 adalah bulan pertama bahwa Python adalah tag yang paling banyak dikunjungi di Stack Overflow di negara-negara berpenghasilan tinggi. Ini termasuk menjadi tag yang paling banyak dikunjungi di AS dan Inggris, dan di 2 teratas di hampir semua negara berpenghasilan tinggi lainnya (di samping Jawa atau JavaScript). Hal ini sangat mengesankan karena pada tahun 2012, ini kurang banyak dikunjungi dibandingkan dengan 5 bahasa lainnya, dan telah berkembang 2,5 kali lipat pada saat itu.
 
Sebagian dari ini karena sifat musiman lalu lintas ke Jawa. Karena banyak diajarkan dalam program sarjana, lalu lintas Jawa cenderung meningkat selama musim gugur dan musim semi dan turun selama musim panas. Apakah akan menyusul Python lagi di penghujung tahun ini? Kita dapat mencoba meramalkan pertumbuhan dua tahun ke depan dengan model yang disebut "STL", yang menggabungkan pertumbuhan dengan tren musiman untuk membuat prediksi tentang nilai masa depan.
projections-1-1024x878
 
 
 
Menurut model ini, Python bisa tetap memimpin atau disusul oleh Java pada musim gugur (ini kira-kira sesuai dengan variasi prediksi model), namun secara jelas berada di jalur untuk menjadi tag yang paling banyak dikunjungi pada tahun 2018. STL juga menyarankan bahwa JavaScript dan Java akan tetap berada pada tingkat lalu lintas yang sama di antara negara berpenghasilan tinggi, seperti yang mereka miliki selama dua tahun terakhir.
Tag apa yang tumbuh paling cepat secara keseluruhan?
 
Yang di atas hanya melihat enam bahasa pemrograman yang paling banyak dikunjungi. Di antara teknologi penting lainnya, yang saat ini berkembang paling cepat di negara-negara berpenghasilan tinggi?
 
Kami mendefinisikan tingkat pertumbuhan dalam hal rasio antara 2017 dan 2016 pangsa lalu lintas. Kami memutuskan untuk hanya mempertimbangkan bahasa pemrograman (seperti Java dan Python) dan platform (seperti iOS, Android, Windows dan Linux) dalam analisis ini, berlawanan dengan kerangka kerja seperti Sudut atau perpustakaan seperti TensorFlow (walaupun banyak dari mereka menunjukkan pertumbuhan penting yang mungkin diperiksa di pos masa depan).
 
Karena tantangan dalam mendefinisikan "pertumbuhan tercepat" yang dijelaskan dalam komik ini, kami membandingkan pertumbuhan rata-rata keseluruhan dalam plot perbedaan rata-rata.
tag_growth_scatter-1-1-1024x896

Dengan tingkat pertumbuhan tahunan 27% dari tahun ke tahun, Python berdiri sendiri sebagai tag yang besar dan berkembang pesat; tag terbesar berikutnya yang menunjukkan pertumbuhan serupa adalah R. Kami melihat bahwa lalu lintas ke sebagian besar tag besar lainnya tetap stabil di negara-negara berpenghasilan tinggi, dengan kunjungan ke Android, iOS, dan PHP sedikit menurun. Kami sebelumnya memeriksa beberapa tag menyusut seperti Objective-C, Perl dan Ruby di posting kami saat kematian Flash). Kita juga bisa memperhatikan bahwa di antara bahasa pemrograman fungsional, Scala adalah yang terbesar dan berkembang, sementara F # dan Clojure lebih kecil dan menyusut, dengan Haskell berada di antara dan tetap stabil.
 
Ada kelalaian penting dari bagan di atas: lalu lintas ke pertanyaan TypeScript meningkat sebesar 142% mengesankan pada tahun lalu, cukup sehingga kami berhasil menghentikannya agar tidak menghabiskan sisa skala lainnya. Anda juga dapat melihat bahwa beberapa bahasa kecil lainnya tumbuh sama atau lebih cepat dari Python (seperti R, Go dan Rust), dan ada beberapa tag seperti Swift dan Scala yang juga menunjukkan pertumbuhan yang mengesankan. Bagaimana lalu lintas mereka dari waktu ke waktu dibandingkan dengan Python's?

growth_smaller_tags-1-1024x878

 
Pertumbuhan bahasa seperti R dan Swift memang mengesankan, dan TypeScript telah menunjukkan ekspansi yang sangat cepat dalam waktu yang lebih singkat. Banyak bahasa yang lebih kecil ini berkembang dari hampir tidak ada pertanyaan lalu lintas menjadi kehadiran penting dalam ekosistem perangkat lunak. Tapi seperti ditunjukkan grafik ini, lebih mudah untuk menunjukkan pertumbuhan yang cepat saat tag dimulai relatif kecil.
 
Perhatikan bahwa kita tidak mengatakan bahasa-bahasa ini dengan cara apapun "bersaing" dengan Python. Sebaliknya, kami menjelaskan mengapa kami memperlakukan pertumbuhan mereka dalam kategori terpisah; Ini adalah tag dengan lalu lintas yang lebih rendah untuk memulai. Python adalah kasus yang tidak biasa karena menjadi salah satu tag yang paling banyak dikunjungi di Stack Overflow dan salah satu yang paling cepat berkembang. (Kebetulan, ini juga akselerasi! Pertumbuhan year-over-year-nya semakin cepat setiap tahun sejak 2013).
Seluruh dunia
 
Sejauh ini di posting ini kami telah menganalisis tren di negara-negara berpenghasilan tinggi. Apakah Python menunjukkan pertumbuhan yang sama di belahan dunia lainnya, di negara-negara seperti India, Brazil, Rusia dan China?
 
Memang memang begitu.
non_high_income_graph-1-1-1024x731
Di luar negara-negara berpenghasilan tinggi Python masih merupakan bahasa pemrograman utama yang paling cepat berkembang; itu hanya dimulai pada tingkat yang lebih rendah dan pertumbuhannya dimulai dua tahun kemudian (pada 2014 bukan 2012). Sebenarnya, tingkat pertumbuhan Python tahun-ke tahun di negara-negara berpenghasilan tinggi sedikit lebih tinggi daripada di negara-negara berpenghasilan tinggi. Kami tidak memeriksa di sini, tapi R, bahasa lain yang penggunaannya berkorelasi positif dengan PDB, juga berkembang di negara-negara ini.
 
Banyak kesimpulan dalam posting ini tentang pertumbuhan dan penurunan tag (berlawanan dengan peringkat absolut) di negara-negara berpenghasilan tinggi yang berlaku untuk seluruh dunia; ada korelasi 0,979 Spearman antara tingkat pertumbuhan di dua segmen. Dalam beberapa kasus, Anda dapat melihat fenomena "tertinggal" mirip dengan apa yang terjadi dengan Python, di mana sebuah teknologi diadopsi secara luas di negara-negara berpenghasilan tinggi satu atau dua tahun sebelum diperluas di belahan dunia lainnya. (Ini adalah fenomena yang menarik dan mungkin menjadi subjek posting blog masa depan!)
Lain kali
 
Kami tidak ingin berkontribusi pada "perang bahasa". Jumlah pengguna bahasa tidak menyiratkan apa pun tentang kualitasnya, dan tentunya tidak dapat memberi tahu Anda bahasa mana yang lebih sesuai untuk situasi tertentu. Namun, dengan perspektif itu, kami yakin perlu memahami bahasa apa yang membentuk ekosistem pengembang, dan bagaimana ekosistem itu dapat berubah.
 
Pos ini menunjukkan bahwa Python telah menunjukkan pertumbuhan yang mengejutkan dalam lima tahun terakhir, terutama di negara-negara berpenghasilan tinggi. Di posting berikutnya, kita akan mulai mengeksplorasi "mengapa". Kami akan mengelompokkan pertumbuhan menurut negara dan industri, dan memeriksa teknologi lain yang cenderung digunakan bersama Python (untuk memperkirakan, misalnya, berapa besar pertumbuhannya karena peningkatan penggunaan Python untuk pengembangan web versus untuk ilmu data ).
 

Sementara itu, jika Anda bekerja dengan Python dan ingin mengambil langkah berikutnya dalam karir Anda, berikut beberapa perusahaan yang mempekerjakan pengembang Python saat ini di Stack Overflow Jobs.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

kelebihan aplikasi phyton

pengenalan tipe data pada python

Manfaat phyton